Assalamualaikum Wr.Wb FORUM KOMUNIKASI GEOGRAFI: Geografi Politik

Jumat, 15 April 2011

Geografi Politik

Geografi Politik
Geografi Politik adalah ilmu yang mempelajari relasi antara kehidupan dan aktivitas politik dengan kondisi-kondisi alam suatu Negara. Aspek-aspek yang terdapat dalam Geografi Politik dan Geografi itu sendiri antara lain unsur geografis berupa luas, bentuk wilayah, iklim, sumber daya dan penduduk.

a.      Menurut Taylor 2000:783
Geografi Politik (political geography) yang menekankan bahwa teritorial ditafsirkan sebagai hubungan mendasar antara kedaulatan negara dengan tanah air nasional yang terletak di jantung legitimasi dan praktik negara modern. Dimana hasilnya adalah analisis-analisis atas wilayah, kekuasaan dengan ruang yang terfokus yang berpusat pada negara
http://baehaqiarif.files.wordpress.com/2009/12/geografi.pdf

b.      Menurut Friederich Ratzel
Geografi Politik menekankan kepada hubungan antara faktor fisis geografis dengan ras – ras di masing – masing negeri dan bentuk pemerintahannya ditentkan oleh alam. Paham Fisis Determinis.
Hayati, Sri & Yani, Ahmad. 2007. Geografi Politik. Bandung: PT Refika Aditama

c.       Menurut Otto Maul
Geografi Politik adalah ajaran mengenai bentang alam sebagai ruang hidup politik dimana kehidupan negara berlangsung.
Hermawan, Iwan. 2009. Geografi Sebuah Pengantar. Bandung: Private Publishing

d.      Menurut Richard Hennig
GeoPolitik merupakan ajaran tentang kekuatan – kekuatan politik didalam keterkaitan kepada bumi dan penerapannya dimasa mendatang sehubungan dari hasil yang didapat dari study yang dilakukan oleh Geografi Politik.
Hermawan, Iwan. 2009. Geografi Sebuah Pengantar. Bandung: Private Publishing

e.      Menurut Hashofer
Ilmu ketatanegaraan yang bekerjasama dengan geografi dengan memperhatikan data teritorial untuk menelaah terbentuknya wilayah negara beserta isinya oleh pertarungan kekuatan politik yang ada. GeoPolitik juga memperhatikan gejala – gejala politik didalam kegiatan ruang didalam perjuangan maupun didalam penataannya.
                  Hermawan, Iwan. 2009. Geografi Sebuah Pengantar. Bandung: Private Publishing
1.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar